Facebook adalah salah satu media sosial yang berbasis pengguna amat sangat besar dan luas, dan kamu juga bisa memanfaatkan fanspage Facebook ataupun halaman Facebook yang dapat memberi dampak yang besar untuk sebuah bisnis ataupun konten kamu. Akan tetapi seringkali, ada beberapa orang yang masih keliru ketika menggunakan Facebook untuk berbisnis. Entah-entah malah menggunakan fanspage, namun ada beberapa yang merasa sudah cukup dengan hanya menggunakan akun profil biasa serta melakukan spamming pada konten jualan.
Nah, dalam artikel ini, saya akan mengulas lebih jauh tentang apa itu fanspage, kemudian mengapa harus menggunakannya, dan bagaimana menggunakan fanspage untuk bisnis. Kota mulai dengan pengenalan Fanspage Facebook yaitu merupakan sebuah halaman khusus yang bisa menyajikan informasi mengenai sebuah bisnis ataupun brand dari sebuah perusahaan. Pada halaman ini penggunaan juga dapat digunakan untuk berjualan, untuk konten menarik, sampai untuk media branding.
Sangat berbeda dengan facebook personalnya yang hanya digunakan untuk berbagi kehidupan dan aktivitas sehari-hari ataupun untuk opini secara acak, pada konten dalam Fanspage lebih cenderung tertata atau terstruktur. Banyak orang menggunakan fanspage untuk mengelola konten mereka secara terarah maupun terstruktur. Misalnya seperti edukasi customer, untuk konten menarik serta informatif untuk engagement yang lebih baik, layanan promosi dan juga hard selling.
Manfaat Punya Fanspage untuk Bisnis
Pastinya, jika kita memiliki fanspage untuk bisnis akan punya segudang manfaat. Dan berikut ini yaitu beberapa yang bisa dirasakan oleh penggunanya:
1. Bisa Memiliki Pengikut yang Tidak Terbatas
Hal ini sangat jauh berbeda dengan facebook personal yang telah dibatasi oleh pihak Facebook yaitu hanya dapat 5000 pertemanan, sedangkan pada facebook fanspage memungkinkan para pebisnis dapat mempunyai jumlah pengikut tak terbatas.
2. Personal dan Konten Bisnis Terpisah
Dengan Fanspage akan membuat sebuah bisnis terlihat lebih profesional. Hal ini bisa terjadi karena konten fanpage dibuat lebih terarah dan tertata ataupun terstruktur. Tidak punya curhat random, foto famili, ataupun konten aktivitas sehari-hari pengguna. Sehingga akan jauh lebih terarah kepada customer yang akan dituju.
3.Terpercaya dan Terpercaya
Hal ini sama seperti penjelasan pada poin diatas. Dengan menggunakan konten yang terpisah dan terarah ataupun terstruktur, maka sebuah bisnis di Facebook bisa terlihat lebih profesional dan terpercaya oleh para calon customer.
4. Dapat Feedback dan Kontak dari Konsumen
Kemudian para penggemar juga bisa lebih leluasa menghubungi pihak pebisnis untuk menanyakan produk melalui kolom komentar ataupun messenger bahkan sekarang ada yang sudah terhubung ke kontak WhatsApp. Ketika ada feedback yang mereka berikan positif, dampak psikologis ini bisa terkena ke konsumen yang lainnya.
5. Sudah Terindeks Search Engine
Jika kamu punya konten dari fanpage maka akan sangat mudah terindeks dengan lebih baik pada mesin pencari karena dinilai lebih terpercaya serta bisa memberikan informasi yang berkualitas. Kemudian Konten dengan engagement sangat baik juga dan bisa mempunyai bobot yang lebih baik.
6. Viral Marketing
Bukan hanya kelebihan yang ada di atas saja namun, Fanspage juga bisa menjadi media campaign viral marketing. Konsep giveaway, sehingga kamu bisa mendorong peningkatan jumlah pengikut di fanpage serta dapat mengoptimalkan penjualan.
Nah, itu dia tadi beberapa manfaat dari mempunyai fanpage Facebook, namun, kamu juga harus berhati-hati karena saat ini banyak konten yang kurang mengedukasi sehingga bisa saja Facebook kamu terblokir oleh ulah sendiri. Meskipun sudah banyak cara mengaktifkan Facebook yang diblokir, tapi ada baiknya kita menggunakan Facebook sesui dengan ketentuan awal dari pihak Facebook.